Penelitian

Prodi Tadris Biologi terus mengupayakan sinkronisasi tema-tema riset yang sejalan dengan visi misi Prodi/Fakultas yang bermuara menjadi LPTK yang Unggul, Kompetitif dan Profesional di Tingkat Asia Tenggara dengan Mengintegrasikan Keilmuan, Keislaman, dan Keindonesiaan. Operasionalisasi dari hal diatas diupayakan dalam bentuk penyusunan blueprint roadmap penelitian di tingkat prodi Tadris Biologi 2018-2028.

Ruang lingkup penelitian di tingkat prodi (1) pengembangan bahan ajar; (2) pengembangan media, teknologi informasi dan komunikasi mendukung Pembelajaran dan asesmen; (3) Evaluasi dan Asesmen (teori dan praktis); (4) pedagogic; serta (5) Ilmu sains dan isu lingkungan. Pendekatan penelitian diklasifikasikan menjadi tiga jenis yakni penelitian dasar, penelitian terapan dan penelitian pengembangan. (Gambar .1)

Untuk mencapai visi misi Prodi pada bidang penelitian, maka dilakukan kelompok riset (research group) sehingga diperoleh sinkronisasi dan evaluasi dan monitoring yang terus berkelanjutan. Luaran setiap penelitian diharapkan memiliki relevansinya dengan kebijakan strategi yang dicanangkan fakultas yakni (1) Pengembangan model pembelajaran berbasis integrasi; (2) Pengembangan kelompok penelitian dan pengajaran tematik ilmu umum dan agama; (3) Pelibatan mahasiswa dalam kelompok penelitian dosen; (4) Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KMBKM) dan pembelajaran terintegrasi antara keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan; (5) Penguatan integrasi keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan melalui buku ajar/modul; dan (6) Peningkatan kompetensi dan prestasi akademik dan non-akademik mahasiswa, baik hard skill maupun soft skill.

Terdapat lima kelompok penelitian di tingkat prodi pendidikan biologi yakni (1) pengembangan bahan ajar dan, (2) pengembangan media, teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pembelajaran dan asesmen (3) Evaluasi dan Asesmen non digital, (4) pedagogic content Islamic knowledge, (5) Penelitian sains biologi dan isu lingkungan.

Gambar 1. Tema Penelitian UIN Jakarta

Tabel 1. Aktivitas, Relevansi, dan Pelibatan Mahasiswa dalam Penelitian

    No.   Judul Penelitian   Nama Ketua Tim   Kepakaran Ketua Tim* Nama dan Identitas Dosen Anggota Penelitian Nama dan Identitas Mahasiswa yang dilibatkan
  (1) (2) (3) (4) (5) (6)
  TS (2021)
  1 Dampak Proyek Pemantapan Pendidikan Lingkungan Di SMP Negeri Kota Tangerang Selatan Terhadap Literasi Lingkungan Peserta Didik   Dr. Yanti Herlanti, M.Pd   Pendidikan Biologi (Pedagogy)   Dina Rahma Fadilah, M.Si     Fakhrotunnisa
  2 Kajian Keterampilan Proses Sains, miskonsepsi, dan penggunaan video instruksional pada konsep Sel dan Jaringan   Meiry Fadilah Noor, M.Si     Biologi     Tidak ada Hanny Setianingrum, Raden Riska Mutia, Anna Fajria
  3 Analisis Berpikir Kritis Siswa Menengah Atas pada Konsep Napza Meiry Fadilah Noor, M.Si   Biologi   Tidak ada   Mega Safira
  4 Identification Of Students' Persistence Misconceptions In The Circulatory System Materials Meiry Fadilah Noor, M.Si Pendidikan Biologi Dina Rahma Fadilah, M.Si Trisnaning Diah Dwi Rachmawati
  5 Persepsi pembelajaran Biologi terintegrasi keislaman Meiry Fadilah Noor, M.Si Biologi Tidak ada Azizah Sobiroh, Rizka Masruroh
  6     Pengembangan MathSci App- 21st Competence Assessment untuk Matematika dan IPA     Dr. Zulfiani, M.Pd     Pendidikan Biologi Iwan Permana Suwarna, M.Pd (Tadris Fisika), Dr. Abdul Muin, M.Pd (Pendidikan Matematika)       M. Fadlan
  7 A Causal-Comparative Study Of Inquiry-Based Science Learning Based On Levels Of Students' Cognitive Learning Outcomes: Systematic Review   Dr. Zulfiani, M.Pd   Pendidikan Biologi     Tidak ada     Bani Nugroho
  8 Fostering metacognitive skill: A means to improve students’ academic achievement Dr. Zulfiani, M.Pd Pendidikan Biologi   Tidak ada Andini Maulida Rizkia
  9 Analysis of students’ question types in biology learning using problem based learning integrated with ‘questions- students-have’ strategy   Dr. Zulfiani, M.Pd   Pendidikan Biologi     Tidak ada   Hasna Chairunnisa
  10 Laboratory activity-based learning to improve generic science skills on Dr. Nengsih Juanengsih, M.Pd Pendidikan Biologi Dina Rahma Fadilah, M.Si   Afaf Hayati
  11 Implementasi Pembelajaran Abad 21 Pada Mata Pelajaran Biologi Di Sma Negeri Kota Tangerang Selatan Dr. Nengsih Juanengsih, M.Pd   Pendidikan Biologi   Tidak ada   Nindita Ardelia
  12 Pengaruh Pengetahuan Tentang Isu-Isu Lingkungan Dan Kepribadian (Introvert- Ekstrovert) Terhadap Perilaku Bertanggung Jawab Lingkungan     Dr. Sujiyo Miranto, M. Pd     Pendidikan Biologi     Tidak ada     Sisi Hernanda Pratama
  13 Hubungan Konsep Diri Dan Pengetahuan Lingkungan Dengan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di Sma   Dr. Sujiyo Miranto, M. Pd   Pendidikan Biologi     Tidak ada     Dea Pusparani
  14 Kepuasan Wisatawan Mancanegara dan Nusantara Ditinjau dari Keselamatan, Keamanan, Kesehatan dan Hygiene di Desa Wisata, Indonesia     Dr. Sujiyo Miranto, M. Pd     Pendidikan Biologi     Tidak ada   Soehardi, Bani Anhar, Muhamad Heru Santoso, Rusdi
  15   Model Manajemen Pendidikan Antikorupsi Berbasis Kepemimpinan Kenabian     Solihin, M.Pd     Pendidikan Biologi     Tidak ada Eliana Sari, Mohammad Mulyadi, Durotul Yatimah, Rachmat Maulana
Jumlah judul penelitian di TS: 15 (lima belas)
TS-1 (2020)
1 Meta Analisis pada Pembelajaran Biologi Dr. Yanti Herlanti, M.Pd Pendidikan Biologi Dr. Kadir, M. Pd Manafiah, Putri Utami  
2 Analisis Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Biologi Sma/Ma Se-Jabodetabek   Dina Rahma Fadlilah, M.Si     Bioteknologi   Dr. Yanti Herlanti, M.Pd Syifa Alwahidah, Khairunnisa Kurnia Sari, Elah Nurlaelah, Aula Hani Maisaroh  
3 Meningkatkan Keterampilan Proses Sains melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum Pada Konsep Sistem Pernapasan   Dina Rahma Fadlilah, M.Si   Pendidikan Biologi   Dr. Nengsih Juanengsih, M.Pd     Dessy Fatmawati  
Jumlah judul penelitian di TS-1: 3 (Tiga)
TS-2 (2019)
1 Developing Pedagogical Content Islamic Knowledge To Support Basic Biology Learning   Dr. Yanti Herlanti, M.Pd Pendidikan biologi (Pedagogy)   Meiry Fadilah Noor, M.Si   Nadya, Nia Maulidia  
2 Pengaruh Model Problem Solving Pada Konsep Sistem Pernapasan Terhadap Pemahaman Peserta Didik Tentang Bahaya Rokok   Dr. Yanti Herlanti, M.Pd   Pendidikan Biologi   Eny S. Rosydatun, M.A     Novia Nurhayati  
3 Pola Interaksi Verbal Guru Biologi Setelah Mendapatkan Pelatihan Kurikulum 2013 Dr. Yanti Herlanti, M.Pd Pendidikan Biologi Dina Rahma Fadlilah, M.Si   Abdan Albirron  
4 Efektivitas LKS Konsep Sistem Pernapasan Berbasis Inkuiri Terstruktur Dengan Terbimbing Pada Kemampuan Generik Sains Siswa   Meiry Fadilah Noor, M.Si   Pendidikan Biologi     Tidak ada   Ahmad Miftahul Khair  
5 Collation Of Ant Communities In Tea Plantations And Cabbage Plantation Surrounding Telaga Warna Nature Reserve, Bogor   Meiry Fadilah Noor, M.Si     Biologi     Narti Fitriana     M. Ridwan  
6 Efektivitas Science Computerized Adaptive Assessment Tool untuk Mengukur Keterampilan Abad 21   Dr. Zulfiani, M.Pd   Pendidikan Biologi   Iwan Permana Suwarna, M.Pd (Tadris Fisika)   Indri Andriyatno, Ahmad Rifai  
7 Problem Based Learning Models With Student Worksheets: Effect on Higher Order Thinking Skills in Digestive System Concept   Dr. Nengsih Juanengsih, M.Pd   Pendidikan Biologi   Meiry Fadilah Noor, M.Si   Anggun Wicaksini  
8 Pengembangan Hypermedia Berbasis web online pada Konsep Sistem Sirkulasi Dr. Sujiyo Miranto, M.Pd Pendidikan Biologi Dina Rahma Fadlilah, M.Si Muhammad Nurul Fikri  
9 Pengembangan Media Komik Digital Menggunakan Pixton Disertai Quiz Pada Konsep Sistem Gerak   Dr. Baiq Hana Susanti, M.Sc   Pendidikan Biologi   Eny S. Rosydatun, M.A   Khilda Maulida Nur Hidayah  
Jumlah judul penelitian di TS-2: 9 (sembilan)
Jumlah total penelitian di PS dalam tiga tahun terakhir: 27 (tiga puluh tujuh)
Jumlah rata-rata judul penelitian per tahun/dosen: 1 judul pertahun/dosen

Tabel 2. Karya Ilmiah DTPS dan Mahasiswa yang Disitasi

No Nama Dosen dan/atau Mahasiswa Judul Karya Ilmiah, Tahun, Nama Jurnal/Prosiding/Buku, Nomor Halaman Jumlah Sitasi
1 2 3 4
  1 Yanti Herlanti, NY Rustaman, W Setiawan Kontribusi wacana multimedia terhadap pemahaman dan retensi siswa, 2007, Jurnal Pendidikan IPA: Metamorfosa, 2 (1)     12
  2 Yanti Herlanti, NY Rustaman, W Setiawan Strategi baru dalam pengolahan bahan ajar Ilmu Pengetahuan Alam, 2008, Edusains, 1 (1), 26-38     3
3 Arif Priadi, Y Herlanti Biologi SMA Kelas XII, 2010, Biologi SMA Kelas XII Yudistira 4
4 Arif Priadi, Y Herlanti Biologi SMA Kelas X, 2010, Biologi SMA Kelas X Yudistira 8
  5   Yanti Herlanti MENEROPONG KUALITAS SOAL TES BUATAN GURU BIOLOGI MTs NEGERI SE-JAKARTA SELATAN, 2010, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2 (1), 175-198     5
  6   Yanti Herlanti Model Supervisi Pendidikan Sains Berbasis Pedagogical Content Knowledge, 2011, Tabloid Aksara Edisi, 42-45     1
    7     Yanti Herlanti   Pengembangan Pembelajaran Berbasis Isu Sosiosaintifik Melalui Weblog Untuk Mendukung Literasi Sains, 2011, Makalah disajikan dalam Simposium Nasional Puslitjak Balitbang Kemdikbud         1
  8   Yanti Herlanti Penilaian Proses Belajar Mengajar IPA Di Kelas Melalui Pedagogi Materi Subyek, 2011, Seminar Nasional Pendidikan IPA     3
  9 Yanti Herlanti, NY Rustaman, I Rohman, A Fitriani Kualitas argumentasi pada diskusi isu sosiosaintifik mikrobiologi melalui weblog, 2012, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (2), 168-177     15
  10 Yanti Herlanti, Nuryani Rustaman, Any Fitriani Literasi Mikrobiologi pada Siswa dan Mahasiswa Calon Guru Madrasah Aliah, 2012, Jurnal Proseding Seminar Nasional Pendidikan IPA     2
    11   Yanti Herlanti, Zulfiani Zulfiani, Aan Arnasari   Penggunaan Pendekatan Inkuiri Pada Pembelajaran Biologi Di Madrasah Aliah Se-Jakarta Selatan, 2013, Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 10 (1)         2
    12     Yanti Herlanti   Analisis argumentasi mahasiswa pendidikan biologi pada isu sosiosainfik konsumsi genetically modified organism (GMO), 2014, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1), 51-59         16
No Nama Dosen dan/atau Mahasiswa Judul Karya Ilmiah, Tahun, Nama Jurnal/Prosiding/Buku, Nomor Halaman Jumlah Sitasi
1 2 3 4
    13 Rusi Restiyani, Dr. Nengsih Juanengsih, M.Pd, Dr. Yanti Herlanti, M.Pd   Profil pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai media dan sumber pembelajaran oleh guru biologi, 2014, Artikel Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 6 (1), 49-66         30
  14 Rosita Primasari, Yanti Herlanti, M.Pd Dr Zulfiani, M.Pd Penggunaan media pembelajaran di madrasah aliah negeri se-Jakarta Selatan, 2014, Artikel Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 6 (1), 67-72     37
  15   Yanti Herlanti BlogQuest: Pemanfaatan Media Sosial pada Pembelajaran Sains Berbasis Sosiosaintifik untuk Mengembangkan Keterampilan Beragumentasi dan Literasi Sains, 2014, UPI     4
  16   Yanti Herlanti Pengembangan BlogQuest+ berbasis Isu Sosisosaintifik untuk Mengembangkan Keterampilan Berargumentasi, 2014, Disertasi UPI     1
  17   Yanti Herlanti Pembelajaran Tematik: Menggunakan Pendekatan Saintifik dan Penilaian Otentik Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013, 2015, UIN Press     1
    18     Mutia Ulfah, Heryani Fatmah, Yanti Herlanti Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dipadu Metode Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Parung Tahun Ajaran 2014/2015 Pada Konsep Perubahan Lingkungan Dan Daur Ulang Limbah, 2015, Edusains, 7 (2) 202-208           7
    19     Yanti Herlanti   Kesadaran metakognitif dan pengetahuan metakognitif peserta didik sekolah menengah atas dalam mempersiapkan ketercapaian standar kelulusan pada kurikulum 2013, 2015, Jurnal Cakrawal Pendidikan, 34 (3), 357-367         28
    20     Yanti Herlanti   Analisis domain pengetahuan dan kognitif pada kurikulum indonesia tahun 1984-2013 mata pelajaran biologi sekolah menengah atas, 2015, Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 304-308         6
  21   Yanti Herlanti BlogQuest: Bagaimana cara guru mengelola pembelajaran berbasis internet, 2015, Tabloid Aksara     1
    22     Yanti Herlanti   Blogquest+: Pemanfaatan media sosial pada pembelajaran sains berbasis isu sosiosaintifik untuk mengembangkan keterampilan berargumentasi dan literasi sains:(Hasil penelitian yang dibukukan), 2016, Pendidikan IPA SPs Universitas Pendidikan Indonesia           9
  23 Irma Suryani, Yuke Mardiati, Yanti Herlanti Pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada konsep sistem gerak manusia, 2016, Edusains, 8 (2), 150-156     13
  24 Zulfiani Zulfiani, Yanti Herlanti, Ahmad Sofyan Kajian Penerapan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif Antara Perguruan Tinggi Dan Sekolah, 2016, Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35 (2), 273-283     8
    25     Yanti Herlanti Pengembangan Kurikulum Pendidikan Lingkungan di Kota Tangerang Selatan: Bagaimana mengintegrasikan Deklarasi Tbilisi dalam Kurikulum, 2016, Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 13 (1), 52-57         1
  26   Yanti Herlanti Analysis of knowledge and cognitive domain on indonesia secondary school curriculum year 1984-2013, 2016, Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015     1
    27 Yanti Herlanti, Yuke Mardiati, Retno Wahyuningtyas, E Mahardini, M Iqbal, Ahmad Sofyan Discovering learning strategy to increase metacognitive knowledge on biology learning in secondary school, 2017, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6 (1), 179-186       9
No Nama Dosen dan/atau Mahasiswa Judul Karya Ilmiah, Tahun, Nama Jurnal/Prosiding/Buku, Nomor Halaman Jumlah Sitasi
1 2 3 4
    28   Dewi Robiatun Muharomah, Y Herlanti, MF Noor   Pengaruh Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Konsep Evolusi, 2017, Skripsi UIN Syarif Hidayatullah jakarta         14
  29   Yanti Herlanti An Analisis on Pedagogy Content Islamic Knowledge of Indonesian Qualification Framework in Biology Education Program-2, 2017, FITK Press     2
30 Jejen Musfah, Yanti Herlanti Pendidikan islam isu dan inovasi, 2017 FITK Press   2
  31   Z Zulfiani, Yanti Herlanti Scientific inquiry perception and ability of pre-service teachers, 2018, Journal of Turkish Science Education, 15 (1), 128, 140     8
  32 Zulfiani Zulfiani, Yanti Herlanti, Eny S Rosydatun, Silak Hasiani, Ghina Rohmatulloh, Nila Zuqistya   Developing metacognitive skill instrument on fungus concept, 2018, Edusains, 10 (2), 243-253       6
  33   Yanti Herlanti, R Soekisno Metacognitive attitude and ability of students and teachers on science program class, 2018, Advanced Science Letters, 24 (7), 5320-5325     4
  34 Endah Endah, Zulfiani Zulfiani, Yanti Herlanti The role of metacognitive learning strategy in developing students’ academic self-concept and learning achievement, 2018, Jurnal Pengajaran MIPA, 23 (1), 2-12     1
  35 Nuzli Fahdia Mazfufah, Yanti Herlanti, Yuke Mardiati Increasing Scientific Reasoning within Discussion of Scientific and Socioscientific Issues on Virus Topics, 2018, Atlantis Press, 115, 201-207     1
        36 Dr. Yanti Herlanti, M.Pd, Yuke Mardiati, M.Si, Rahmawati Rahmawati, Annisaa Meyrizka Kusumo Putri, Nurlaelah Jamil, Miftahuzzakiyah Miftahuzzakiyah, Ahmad Sofyan, Zulfiani, Sugiarti Sugiarti       Finding Learning Strategy in Improving Science Literacy, 2019, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 5 (1), 59-71         11
  37 Dr. Yanti Herlanti, M.Pd, Fonny D Hutagalung, Diana V Sigit Metacognitive Attitude and Knowledge of Biology Teacher Candidates, 2019, Advanced Science Letters, 25 (1), 138-142   2
  38 Dr. Yanti Herlanti, M.Pd, Dina Rahma Fadlilah, M.Si., Abdan Albirron Pola Interaksi Verbal Guru Biologi setelah Mendapatkan Pelatihan Kurikulum 2013, 2019, Edusains, 11 (1), 141-146   1
39 Yanti Herlanti Trend Riset Pendidikan Biologi, 2020, SEMINAR UNIVERSITAS KUNINGAN 2
  40 Dr. Zulfiani, M.Pd, Dr. Yanti Herlanti, M.Pd, Regiani Yunistika Investigating Metacognitive Attitude of High School Biology Teachers, 2020, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 6 (1), 1-12   1
  41   Juriah , Dr. Zulfiani, M.Pd. The Implementation of Model Problems Based With Media Learning Aids For Improving Student Learning Outcomes, 2019, Edusains, 11 (1), 1-11   6
    42   Dr. Zulfiani, M.Pd, Iwan Permana Suwarna, M.Pd, Dr. Sujiyo Miranto, M.Pd   Sced-ALS Project: The Use of Pedagogical Intervention in Developing Hypermedia Science Based on Learning Style, 2019, Empowering Science and Mathematics for Global Competitiveness: Proceedings of the Science and Mathematics International Conference (SMIC 2018), 223     5
  43 Dr. Zulfiani, M.Pd, Iwan Permana Suwarna, M.Pd Pengaruh Science Adaptive Assessment Tool Berbasis Gaya Belajar Kolb Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, 2019, Edusains, 11 (2), 310- 319   2
  44 Dr. Zulfiani, M.Pd, Iwan Permana Suwarna, M.Pd, M Feby Sumantri Science Adaptive Assessment Tool: Kolb’s Learning Style Profile and Student’s Higher Order Thinking Skill Level, 2020, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9 (2) 194-207   37
No Nama Dosen dan/atau Mahasiswa Judul Karya Ilmiah, Tahun, Nama Jurnal/Prosiding/Buku, Nomor Halaman Jumlah Sitasi
1 2 3 4
  45 Dr. Zulfiani, M.Pd, Iwan Permana Suwarna, M.Pd, Dr. Sujiyo Miranto, M.Pd Improving Students’ Academic Achievement Using the Sced-ALS Android- Based, 2021, International Journal of Instruction, 14 (2), 735-756   2
  46   Bani Nugroho, Dr. Zulfiani, M.Pd. A Causal-Comparative Study of Inquiry-Based Science Learning Based on Levels of Students' Cognitive Learning Outcomes: Systematic Review.   1
  47 Dr.Nengsih Juanengsih, M.Pd, Yuke Mardiati, M.Si, Egi Ramadah Peta Konsep Dipadu dengan Crossword Puzzle: Pengaruhnya Terhadap Retensi Peserta Didik pada Konsep Sistem Gerak, 2019, BIOEDUKASI (Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi), 10 (2), 140-148   3
  48 S. Salsabila, Dr. Nengsih Juanengsih, M.Pd Analysis of cognitive level biology exercise questions in science text books based on TIMSS frame work, Jounal of Physics:Converence Series, 1836 (1), 012063   3
  49 Anggun Wicaktini, Dr. Nengsih Juanengsih, M.Pd., Meiry Fadilah Noor, M.Si. Problem Based Learning Models With Student Worksheets: Effect on Higher Order Thinking Skills in Digestive System Concept, 2020, ICEMS 2019: Proceedings of the 5th International Conference on Education in Muslim Society, 2019, 279   1
  50 A Hayati, N Juanengsih, DR Fadlilah Laboratory activity-based learning to improve generic science skills on the concept of sensory systems, 2021, Journal of Physics: Conference Series, 1836 (1), 012077   1
  51 Dr. Ahmad Sofyan, M.Pd, Endry Ferdianto, Ririn Rahmawati, Rifki Kuntoro Aldi   Pengaruh Search Engine Optimization (Seo) Dan Riset Kata Kunci Terhadap Pendapatan Toko Online, 2019, INCONTECSS, 351-356   10
  52 Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA, Dr. Ahmad Sofyan, M.Pd Making Islamic University and Madrasah as Society’s Primary Choice, 2021, Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 4 (2), 210-222   4
  53   Dede Surahman, Dr. Ahmad Sofyan, M.Pd The Effect of Community Language Learning and Emotional Intelligence on Students’speaking Skill, 2021, Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 24 (1), 82-90   1
  54 Ummi Kalsum, Dr. Sujiyo Miranto, M.Pd Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa, 2016, Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 3 (2), 5-67   4
    55 Soehardi Soehardi, Bani Anhar, Muhamad Heru Santoso, Dr. Sujiyo Miranto, M.Pd, Rusdi Rusdi Kepuasan Wisatawan Mancanegara dan Nusantara Ditinjau dari Keselamatan, Keamanan, Kesehatan dan Hygiene di Desa Wisata Indonesia, 2021, Jurnal Kajian Ilmiah, 21 (1), 121-134     2
  56 Dr. Baiq Hana Susanti, M.Sc Penggunaan Media Online dalam Proyek Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Web pada Mata Kuliah Zoologi Vertebrata, 2019, Edusains, 11 (1), 21-28   6
  57 Munasprianto Ramli, M.A., Ph.D, Dr. Baiq Hana Susanti, M.Sc, Dr. Abd. Rozak, M.Si, MEDIA PUTRI YOHANA, M.Sc,   Assessing Islamic Junior High Schools Students’ Scientific Literacy Using PISA Released Items, 2021, Journal of Physics: Conference Series, 1836 (1)   2
  58   Meiry Fadilah Noor, M.Si Efektivitas LKS Konsep Sistem Pernapasan Berbasis Inkuiri Terstruktur dengan Terbimbing pada Kemampuan Generik Sains Siswa, 2019, Jurnal Biotek, 7 (1), 58-68   1
  59 Edo Arruji, Dr. Baiq Hana Susanti, M.Sc., Meiry Fadilah Noor, M.Si Pengaruh media google classroom terhadap hasil belajar pada Konsep Sistem Gerak, 2020, Skripsi     6
  60 Melia Noprianda, Meiry Fadillah Noor, Zulfiani Zulfiani Keterampilan berpikir kritis siswa model pembelajaran problem based learning dan sains teknologi masyarakat pada konsep virus. 2016, Edusains, 8 (2), 182–191   14
  61 Widya Astuti, Dr. Sujiyo Miranto M.Pd, Meiry Fadilah Noor, M.Si, Pengembangan instrumen tes keterampilan berpikir kritis pada konsep fungi, 2019, Skripsi   4
No Nama Dosen dan/atau Mahasiswa Judul Karya Ilmiah, Tahun, Nama Jurnal/Prosiding/Buku, Nomor Halaman Jumlah Sitasi
1 2 3 4
  62   Dina Rahma Fadlilah URGENSI GIZI DAN KESEHATAN PESERTA DIDIK TINGKAT SD/MI SEBAGAI PRASYARAT TERWUJUDNYA GENERASI EMAS, 2015, Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta   1
  63 Dina Rahma Fadlilah, Mieke Miarsyah, Eka Putri Azrai HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KINERJA SISWA DALAM PRAKTIKUM BIOLOGI, 2017, Edusains, 9 (2), 165-173   1
    64   Farhah Abadiyah, Nengsih Juanengsih, Dina Rahma Fadlilah   The effect of contextual teaching and learning combined with peer tutoring towards learning achievement on human digestive system concept, 2017, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 3 (2), 101-111     3
  65   Eva Fadilah Pengembangan Pembelajaran Konsep Fotosintesis dengan Menggunakan Pendekatan Scientific di SMP, 2014, Skripsi UPI   1
    66     Eva Fadilah   PENGEMBANGAN ASESMEN KINERJA MELALUI SEESAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI ABAD KE-21 PADA PEMBELAJARAN LINGKUNGAN, 2018, Tesis UPI     1
    67 Evi Muliyah, Sulistijorini Sulistijorini, Yohana Cecilia Sulistyaningsih, Mohamad Rafi   Tetracera scandens as a medicinal plant: secretory structures, histochemistry, and antibacterial activity, 2018, Journal of Tropical Life Science, 8 (1), 228133     7
    68     Solihin, M.Pd   Jigsaw Learning Model Base on Cooperative Instructional Strategies to Improve Academic Discussion in Adult Education on Environment Concepts, 2019, Journal of Physics: Conference Series, 1402 (3)     6
  69   Solihin, M.Pd Application of the PAIKEM Method to Improve Learning Outcomes, 2019, Advances in Economics, Business and Management Research, 88   2
    70     Solihin, M.Pd   Innovation Works of Critical Impact Training Model Based on Mass Media to Improve The Capability of Environmental Critical Learning for Learners of The Critical Pedagogics, 2019, Journal of Physics: Conference Series, 1402 (3)     1
  71 Nuri Shabania, Yuke Mardiati, Ahmad Sofyan Pengaruh Pembelajaran Model Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Protista, 2015, Edusains, 7 (1), 70-76   9
  72 Siti Hartini Yulianti, Nengsih Juanengsih, Yuke Mardiati POE learning model: The effect on student science process skills on the coordination system concept, 2018, JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 8 (1), 1547-1552   5
    73   Resha Maulida, Nengsih Juanengsih, Yuke Mardiati The effect of problem solving learning model based just in time teaching (JiTT) on science process skills (SPS) on structure and function of plant tissue concept, 2017, JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 3 (3), 248- 253     3
  74 Yuke Mardiati, Triadiati Triadiati, Soekisman Tjitrosoedirdjo Physiological Character of Merremia peltata (L.) Merrill from Bukit Barisan Selatan National Park Lampung, 2018, HAYATI Journal of Biosciences, 25 (1), 25   1
    75   Ahmad Sofyan, Yuke Mardiati   Pengaruh Model Pembelajaran Pdeode (Predict-Discuss-Explain-Observe- Discuss-Explain) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia, 2017, Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta     1
  76 Yuke Mardiati, Triadiati Triadiati, Soekisman Tjitrosoedirdjo Karakter fisiologi Merremia peltata (L.) Merrill asal Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Lampung, 2014, Repository IPB   1
  77 Tri Suwarno Handoko Noviyanto, Nengsih Juanengsih, Eny S Rosyidatun   Penggunaan media video animasi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar biologi, 2015, Edusains, 7 (1), 57-63   47
  78 Qumillaila Qumillaila, Baiq Hana Susanti, Zulfiani Zulfiani Pengembangan augmented reality versi android sebagai media pembelajaran sistem ekskresi manusia, 2017, Cakrawala Pendidikan, 1, 57- 69   32
No Nama Dosen dan/atau Mahasiswa Judul Karya Ilmiah, Tahun, Nama Jurnal/Prosiding/Buku, Nomor Halaman Jumlah Sitasi
1 2 3 4
  79 Aryani Novianti, Meiry Fadilah Noor, Baiq Hana Susanti Pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa, 2014, Artikel Skripsi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 6 (1), 109- 116   10
    80   Baiq Hana Susanti, Fransisca S Sumargo, Riandi Pengembangan dan Implementasi Program Perkuliahan Vertebrata Berbasis Learning Object dengan Sistem E-Learning di Program Studi Pendidikan Biologi FITK UIN Jakarta, 2016, Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek)     2
  81 Zulfiani, Iwan Permana Suwarna, Sujiyo Miranto Science education adaptive learning system as a computer-based science learning with learning style variations, 2018, Journal of Baltic Science Education, 17 (4), 711   21
  82 Eny S Rosyidatun, Sujiyo Miranto Analisis isi buku sekolah elektronik (BSE) biologi kelas XI semester 1 berdasarkan literasi sains, 2015, Edusains, 7 (1), 1-10   6
  83   Sujiyo Miranto Integrasi Konsep-Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah, 2017, Edusains, 9 (1)   11
  84   Sujiyo Miranto Menanamkan literasi lingkungan pada pendidikan anak usia dini, 2018, Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar   3
  85 Zulfiani, Iwan Permana Suwarna, Sujiyo Miranto Improving Students' Academic Achievement Using the ScEd-ALS Android- Based, 2021, International Journal of Instruction, 14 (2), 735-756   2
    86   Zulfiani, Hesty Octaviana, Sujiyo Miranto Perbedaan Keterampilan Generik Sains Antara Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Dengan Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Konsep Sel, 2015, Edusains, 7 (2), 185-190     2
  87 Dovina Navanti, Sujiyo Miranto, Rorim Panday Identifikasi Variabel Kualitas Jasa dan Bauran Pemasaran yang Berpengaruh terhadap Kepuasan Mahasiswa di STBA Cipto Hadi Pranoto, 2015, Jurnal Kajian Ilmiah, 17 (2)   1
  88 Ahmad Sofyan, Tonih Feronika, Burhanudin Milama Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi, 2006, Buku Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi, Lembaga Penelitian UIN Jakarta   79
    89   Luki Yunita, Ahmad Sofyan, Salamah Agung   Pemanfaatan peta konsep (Concept Mapping) untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep senyawa hidrokarbon, 2014, Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 6 (1), 1-8     21
  90   Ahmadi Sofyan Prilaku Belajar Siswa MAN, 2003, Didaktika Islamika Jurnal Kependidikan, Keislaman, dan Kebudyaan, 4 (1)   1
  91   Ahmadi Sofyan Kontruktivisme dalam Pembelajaran IPA/Sains, 2007, Prosiding Seminar Internasional Pendidikan IPA, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah   1
    92   Abudin Nata, Ahmad Sofyan   Pengembangan Desain Model Pembelajaran PAI Berbasis Karakter Mulia yang Holistik, Humanis, Emansipatoris, dan Efektif, 2014, TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 1 (1), 35-50     2
    93     Ahmad Sofyan   Interest to be Teacher and Cumultive Grade Point Average (CGPA) Analyzed by the Adminissions of UIN Jakarta, 2016, TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 3 (1)     2
  94   Ahmad Sofyan Penyiapan Calon Guru (Pengalaman Empirik FITK UIN Jakarta), 2015, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta   1
    95     Nengsih Juanengsih Perbandingan Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri Terstruktur terhadap peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan kerja ilmiah siswa kelas x pada konsep Bioteknologi, 2006, Artikel Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1 (2)     1
No Nama Dosen dan/atau Mahasiswa Judul Karya Ilmiah, Tahun, Nama Jurnal/Prosiding/Buku, Nomor Halaman Jumlah Sitasi
1 2 3 4
  96 Ella Nurlela Sari, Eny Supriyati Rosyidatun, Nengsih Juanengsih Profil Penilaian Otentik pada Konsep Biologi di SMA Negerikota Tangerang Selatan, 2015, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1 (1), 26-41   6
    97   Zulfiani Zulfiani, Regiani Yunistika, Nengsih Juanengsih   Enhancing Students’ Higher-Order Thinking Skills Through Guided and Free Inquiry-Based Learning, 2017, International Conference on Education in Muslim Society (ICEMS 2017), Atlantis Press, 28-31     6
  98 Juriah, Nengsih Juanengsih Pembelajaran Konstruktivisme Berbantu Media Video/animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Mipa 3, 2016, Edusains, 8 (1), 108-113   1
  99 Fina Nurul Khotimah, Meiry Fadilah Noor, Nengsih Juanengsih Miskonsepsi konsep archaebacteria dan eubacteria, 2014, Artikel Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 6 (2), 117-128   1
    100   Nengsih Juanengsih, Wulan Apriani, M Ahmad Danial   Assessing creativity of senior high school students in learning biology using online portfolio assessment on facebook, 2017, International Conference on Education in Muslim Society (ICEMS 2017), Atlantis Press, 83-88     3
  101 Nengsih Juanengsih, Adi Rahmat, Ana Ratna Wulan, Taufik Rahman Pengukuran beban kognitif mahasiswa dalam perkuliahan Biologi Sel, 2018, Edusains, 10 (1), 171-174   2
  102 Nengsih Juanengsih, Adi Rahmat, Ana Ratna Wulan, Taufik Rahman Students’ information processing skills for each learning style on cell biology lectures, 2018, International Conference Recent Innovation, 659-666   2
    103   Dwi Septiana, Zulfiani, Meiry Fadilah Noor   Identifikasi miskonsepsi siswa pada konsep archaebacteria dan eubacteria menggunakan two-tier multiple choice, 2014, Artikel Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 6 (2), 191-200     10
    104   Fina Nurul Khotimah, Nengsih Juanengsih, Meiry Fadilah Noor   Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Archaebacteria dan Eubacteria dengan menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Beralasan, 2014, Artikel Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta     3
  105   Meiry Fadilah Noor Diversitas Semut (Hymenoptera: Formicidae) di Beberapa Ketinggian Vertikal di Kawasan Cagar Alam Telaga Warna Jawa Barat, 2008, Tesis IPB   3
  106 Meiry F Noor, Rika Raffiudin Eksplorasi keragaman spesies semut di ekosistem terganggu kawasan cagar alam telaga warna Jawa Barat, 2013, Prosiding Seminar Biologi, 10 (2)   1
  107 Zulfiani Zulfiani, Tonih Feronika, Kinkin Suartini Strategi Pembelajaran Sains, 2009, Buku Startegi Pembelajaran Sains Lembaga Penelitian UIN Jakarta   51
  108 Tri Ade Mustakim, Zulfiani Zulfiani, Herlanti Yanti Identifikasi miskonsepsi siswa dengan menggunakan metode certainty of response index (cri) pada konsep fotosintesis dan respirasi tumbuhan, 2014, Edusains, 6 (2), 145–152   17
    109   Buchori Muslim, Zulfiani Zulfiani, Dedi Irwandi   Pembelajaran kimia melalui metode eksperimen berbasis lingkungan alam sekitar ditinjau dalam perspektif islam, 2014, TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 1 (2), 189-202     2
    110   Zulfiani, Juanengsih Nengsih, Suwarna Iwan Permana, Milama Burhanudin ANALYSIS OF STUDENT’S MISCONCEPTIONS ON BASIC CONCEPTS OF NATURAL SCIENCE THROUGH CRI (CERTAINLY OF RESPONSE INDEX), CLINICAL INTERVIEW AND CONCEPT MAP, 2014, Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences 2014     1